Secara umum manfaat yang dapat
diperoleh dari mempelajari multimedia adalah proses pembelajaran yang
lebih menarik, lebih interaktif, dapat mengurangi waktu kerja karena
dibantu oleh kecanggihan multimedia, bagi para siswa kualitas belajar
dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana
dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.
Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran, yaitu:
1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju, dll.
5. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.
Selain manfaat di atas, multimedia pun dapat digunakan dalam berbagai bidang.
Multimedia dapat masuk dan
menjadi alat bantu yang menyenangkan. Hal ini terjadi karena kekayaan
elemen-elemen dan kemudahannya digunakan dalam banyak konten yang
bervariasi. Beberapa bidang yang menggunakan multimedia adalah sebagai
berikut:
1. bisnis
Aplikasi multimedia untuk bisnis
meliputi presentasi, pemasaran, periklanan, demo produk, katalog,
komunikasi di jaringan, dan pelatihan. Penggunaan multimedia akan
membuat kelancaran dan kemudahan transaksi bisnis.
2.sekolah
Multimedia sebenamya sangat
dibutuhkan di sekolah karena multi-media membuat pembelajaran menjadi
lebih lengkap dan lebih menarik. Multimedia dapat menjadi alat
pengajaran elektronik yang dapat membantu pengajar.
3.rumah
Multimedia dapat dimanfaatkan sebagai media hiburan dan teman di mmah, misalnya game.
4. tempat umum
Saat ini sudah banyak
tempat-tempat umum memasang “kiosk”, yaitu produk multimedia yang
berfungsi sebagai pemberi informasi, misal-nya informasi mengenai tempat
yang sedang dikunjungi, kuliner, dan sebagainya.
5. Virtual Reality (VR)
Bidang ini biasanya menggunakan
alat-alat khusus, misalnya kacamata, helm, sarung tangan, dan antarmuka
pengguna yang tidak lazim, dan berusaha untuk menempatkan penggunanya
“di dalam” pengalaman yang nyata.
Dalam VR, lingkungan yang diciptakan sebenarnya merupakan ribuan objek geometris
yang digambar dalam mang 3 dimensi. Semakin
6.Multimedia Digital
banyak objek dan titik yang mendeskripsikan objek serta semakin tinggi resolusinya, semakin realistis hasil yang akan diperoleh.
Ketika pengguna menggerakkan
objek, setiap gerakan atau aksi akan membuat komputer menghitung ulang
posisi, sudut, ukuran, dan bentuk dan semua objek yang membangun
tampilan. Hal ini meng¬akibatkan ribuan, bahkan jutaan komputasi untuk
menggerakkan objek 30 kali per detik agar tampak halus. Oleh karena itu,
VR membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi agar objek yang
ditampilkan benar-benar tampak nyata.
Referensi : Multimedia digital Dasar teori Oleh Iwan Binanto
No comments:
Post a Comment