Sejarah Multimedia
Istilah multimedia berawal dari theater, bukan computer. Pertunjukan
yang memanfaatkan lebih dari satu media seringkali disebut pertunjukan
multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video,
synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari
pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman
oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual
Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan
tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke
multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700
produk dan system multimedia di pasaran.
Citra visual dapat dimasukkan ke dalam system dari paket perangkat lunak
yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan
video, dan scanner optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon,
pita kaset dan compact disk.
Definisi Multimedia
Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan
menggabungkan teks, link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan
navigasi , berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Perkembangan Multimedia
Dulu Multimedia hanya mencakup pada suara dan text saja tapi sekarang
multimedia telah berkembang dengan adanya televisi dan koputer melalui
dua media tersebut kita dapa menikmati multimedia secara langsung dan
menarik minat banyak orang, dan bahkan multimedia semakin berkembang
seperti sekarang ini dengan adanya internet yang dimana kita dapat
berhubungan dengan sanak famili kita yang ada tempat yang jauh. Morgan
Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio
membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan 13 tahun, TV kabel
membutuhkan waktu 10 tahun dan internet membutuhkan waktu 5 tahun.
Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimedia
merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini.
Multimedia pada Sekarang ini
Pada saat ini, komputer multimedia telah menjadi suatu kebutuhan, bagi
kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini,
informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja. Sekarang
informasi mencakup kelengkapan teks, grafik, animasi, gambar dan
audio/video. Audio/video, gambar, teks, grafik serta animasi telah
diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya untuk bidang pendidikan
digunakan sebagai alat tutorial yang canggih.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam
kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra
penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak
rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang
merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang
digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Pada masa sekarang ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan
komputer. Setiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi dari
hari ke hari dan teknologi tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu
manusia untuk menyelesaikan beberapa aktifitas. Hampir semua kalangan
dapat menggunakan komputer baik dari kalangan bawah sampai kalangan
atas. Dan komputer pada saat ini juga berguna sebagai alat multimedia
Pada tahun 1998, kita berada empat tahun menuju ke 20 tahun pengembangan
internet sebagai suatu alat komunikasi global dan berada di mana-mana.
Microsoft telah mencanangkan ambisinya untuk melihat keberadaan internet
di setiap rumah tangga. Sementara IP secara de facto telah tumbuh
sebagai standar dalam perusahaan-perusahaan besar teknologi informatika,
lantas peran apa yang akan dimainkan oleh satelit komunikasi dalam
bidang ini?
Internet dan berbagai jasa yang berkaitan dengannya adalah perlengkapan
yang mengubah secara mendasar struktur dan jasa satelit komunikasi.
Terdapat empat kunci pengembangan dalam internet yang mempengaruhi
industri satelit komunikasi.
Pertama, kebutuhan kapasitas besar untuk pendukung utama (backbone)
internet dan penghubung ISP. Kedua, permintaan akses kecepatan tinggi ke
internet oleh pengguna-akhir. Ketiga, pengembangan video-on-demand
dalam lingkungan internet. Keempat, permintaan untuk akses secara
universal dan ke seluruh dunia.
Saat ini industri satelit sedang berusaha mengenali pasarnya dalam
lingkungan internet. Industri satelit tersebut mempunyai banyak rencana
untuk multimedia dengan pita lebar (broadband). Internet saat ini
merupakan penggerak utama di belakang proyek-proyek tersebut. Sedikitnya
terdapat 111 rencana untuk multimedia sistem satelit yang meliputi 528
satelit geostasioner, 874 satelit orbit bumi rendah dan satelit orbit
bumi menengah. Rencana-rencana tersebut datang dari 69 perusahaan
operator satelit yang telah ada ataupun yang baru muncul.
Sebagian besar proyek satelit multimedia tidak mengumumkan biaya kapital
yang diperkirakan dari proyek mereka. Meskipun demikian, di antara
mereka yang mengumumkan, ada yang memerlukan pengeluaran kapital
sedikitnya 99.5 trilyun dolar AS. Sementara proyek-proyek satelit
multimedia seperti itu sangat menarik perhatian dunia industri dan
publikasi, para operator satelit sibuk mendayagunakan secara maksimal
kapasitas satelit yang telah ada pada mereka untuk mendukung internet.
Pentingnya Multimedia
Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan menarik minat, karena
merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Lembaga riset
dan penelitian computer, yaitu Computer Technology Reseach (CTR),
menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan
30 % dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengingat 50 % dari apa yang
dilihat dan di dengar dan 30 % dari yang di lihat, di dengar dan
dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangatlah efektif. Multimedia
menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk
meraih keunggulan bersaing perusahaan.
Sejarah Multimedia
Istilah multimedia berawal dari theater, bukan computer. Pertunjukan
yang memanfaatkan lebih dari satu media seringkali disebut pertunjukan
multimedia. Dimana pertunjukan multimedia mencakup monitor video,
synthesized band dan karya seni manusia sebagai bagian dari
pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman
oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual
Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2. Sejak permulaan
tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke
multimedia. Sehingga pada tahun 1994, diperkirakan ada lebih dari 700
produk dan system multimedia di pasaran.
Citra visual dapat dimasukkan ke dalam system dari paket perangkat lunak
yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan
video, dan scanner optic. Input audio dapat dimasukkan melalui microfon,
pita kaset dan compact disk.
Definisi Multimedia
Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan
menggabungkan teks, link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan
navigasi , berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Perkembangan Multimedia
Dulu Multimedia hanya mencakup pada suara dan text saja tapi sekarang
multimedia telah berkembang dengan adanya televisi dan koputer melalui
dua media tersebut kita dapa menikmati multimedia secara langsung dan
menarik minat banyak orang, dan bahkan multimedia semakin berkembang
seperti sekarang ini dengan adanya internet yang dimana kita dapat
berhubungan dengan sanak famili kita yang ada tempat yang jauh. Morgan
Stanley menyebutkan bahwa untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika radio
membutuhkan waktu 38 tahun, televisi membutuhkan 13 tahun, TV kabel
membutuhkan waktu 10 tahun dan internet membutuhkan waktu 5 tahun.
Perkembangan multimedia mengikuti perkembangan internet, maka multimedia
merupakan pasar yang pertumbuhannya tercepat di dunia saat ini.
Multimedia pada Sekarang ini
Pada saat ini, komputer multimedia telah menjadi suatu kebutuhan, bagi
kalangan bisnis ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini,
informasi tidak cukup hanya melalui teks dan grafik saja. Sekarang
informasi mencakup kelengkapan teks, grafik, animasi, gambar dan
audio/video. Audio/video, gambar, teks, grafik serta animasi telah
diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya untuk bidang pendidikan
digunakan sebagai alat tutorial yang canggih.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia
pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam
kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai
media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra
penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak
rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang
merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang
digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Pada masa sekarang ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan
komputer. Setiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi dari
hari ke hari dan teknologi tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu
manusia untuk menyelesaikan beberapa aktifitas. Hampir semua kalangan
dapat menggunakan komputer baik dari kalangan bawah sampai kalangan
atas. Dan komputer pada saat ini juga berguna sebagai alat multimedia
Pada tahun 1998, kita berada empat tahun menuju ke 20 tahun pengembangan
internet sebagai suatu alat komunikasi global dan berada di mana-mana.
Microsoft telah mencanangkan ambisinya untuk melihat keberadaan internet
di setiap rumah tangga. Sementara IP secara de facto telah tumbuh
sebagai standar dalam perusahaan-perusahaan besar teknologi informatika,
lantas peran apa yang akan dimainkan oleh satelit komunikasi dalam
bidang ini?
Internet dan berbagai jasa yang berkaitan dengannya adalah perlengkapan
yang mengubah secara mendasar struktur dan jasa satelit komunikasi.
Terdapat empat kunci pengembangan dalam internet yang mempengaruhi
industri satelit komunikasi.
Pertama, kebutuhan kapasitas besar untuk pendukung utama (backbone)
internet dan penghubung ISP. Kedua, permintaan akses kecepatan tinggi ke
internet oleh pengguna-akhir. Ketiga, pengembangan video-on-demand
dalam lingkungan internet. Keempat, permintaan untuk akses secara
universal dan ke seluruh dunia.
Saat ini industri satelit sedang berusaha mengenali pasarnya dalam
lingkungan internet. Industri satelit tersebut mempunyai banyak rencana
untuk multimedia dengan pita lebar (broadband). Internet saat ini
merupakan penggerak utama di belakang proyek-proyek tersebut. Sedikitnya
terdapat 111 rencana untuk multimedia sistem satelit yang meliputi 528
satelit geostasioner, 874 satelit orbit bumi rendah dan satelit orbit
bumi menengah. Rencana-rencana tersebut datang dari 69 perusahaan
operator satelit yang telah ada ataupun yang baru muncul.
Sebagian besar proyek satelit multimedia tidak mengumumkan biaya kapital
yang diperkirakan dari proyek mereka. Meskipun demikian, di antara
mereka yang mengumumkan, ada yang memerlukan pengeluaran kapital
sedikitnya 99.5 trilyun dolar AS. Sementara proyek-proyek satelit
multimedia seperti itu sangat menarik perhatian dunia industri dan
publikasi, para operator satelit sibuk mendayagunakan secara maksimal
kapasitas satelit yang telah ada pada mereka untuk mendukung internet.
Pentingnya Multimedia
Kelebihan multimedia adalah menarik indera dan menarik minat, karena
merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Lembaga riset
dan penelitian computer, yaitu Computer Technology Reseach (CTR),
menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat 20 % dari yang dilihat dan
30 % dari yang didengar. Tetapi orang dapat mengingat 50 % dari apa yang
dilihat dan di dengar dan 30 % dari yang di lihat, di dengar dan
dilakukan sekaligus. Maka multimedia sangatlah efektif. Multimedia
menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk
meraih keunggulan bersaing perusahaan.
No comments:
Post a Comment